Berjualan di Siplah Kemendikbud

Berjualan di Siplah Kemendikbud

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Pemerintah meluncurkan program pengadaan barang dan jasa (PBJ) untuk sekolah yaitu aplikasi SIPLah. Melalui aplikasi tersebut, pihak satuan sekolah dapat dengan mudah memenuhi segala kebutuhan belajar mengajar.

Aplikasi SIPLah ditujukan agar satuan sekolah dapat lebih mudah berbelanja keperluan pembelajaran lewat online yakni melalui marketplace di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan SIPLah seperti Blibli, Blanja, Toko Ladang dan lain sebagainya.

Untuk proses pengadaan barang dan jasa, sekolah mendapat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Pemerintah yang nominalnya berdasarkan dengan jumlah peserta didik yang terdaftar di sekolah.

Pihak sekolah juga diharuskan untuk melakukan proses PBJ di situs SIPLah Kemendikbud. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan.

Dengan menggunakan SIPLah, sekolah atau instansi pendidikan dapat melaksanakan PBJ dengan efektif, efisien, transparan dan juga akuntabel. Dengan begitu, satuan pendidikan bisa memperoleh barang dan jasa yang tepat dari dana yang sudah disalurkan.

Apa itu aplikasi SIPLah

Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) adalah portal atau platform yang dapat digunakan oleh satuan pendidikan untuk melakukan pengadaan barang dan jasa. Satuan pendidikan dapat mengakses melalui laman siplah.kemdikbud.go.id.

Namun, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu untuk dapat melakukan login di aplikasi SIPLah. Untuk akun login di SIPLah diambil dari akun aktif yang ada pada sistem pendataan Dapodik atau Single Sign On (SSO).

Selain itu, karena laman SIPLah berbentuk aplikasi berbasis web berupa marketplace atau situs jual beli, maka satuan pendidikan dapat mengakses di mana pun dan kapan pun selama terkoneksi jaringan internet.

Akun login aplikasi SIPLah

Dalam aplikasi tersebut, penjual SIPLah akan diberikan fasilitas untuk bisa menawarkan seluruh barang dagangannya. Begitu juga halnya dengan satuan pendidikan yang dapat membeli keperluan pembelajaran sesuai dengan kaidah pengadaan barang dan jasa yang sudah ditetapkan.

Dengan begitu, semua riwayat transaksi dan dokumen PBJ yang dilakukan oleh penjual dan pembeli akan tersimpan aman di aplikasi tersebut.

Agar transaksi berjalan, maka terdapat sistem pengamanan yaitu autentikasi akun berupa user dan password. Untuk proses autentikasi itu sendiri juga harus menggunakan akun yang sudah terverifikasi di Dapodik.

Soalnya, karena pengguna SIPLah adalah satuan pendidikan, maka akun yang bisa digunakan adalah akun yang sudah terdaftar di sistem pendataan pendidikan di Kemendikbud yaitu Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Nah, untuk akun Dapodik yang bisa mengakses SIPLah Kemendikbud yaitu user Kepala Satuan Pendidikan atau tenaga kependidikan yang sudah ditunjuk oleh Kepala Satuan Pendidikan, baik secara individu maupun kelompok kerja yang memang bertugas untuk melaksanakan PBJ.

User Kepala Satuan Pendidikan itu sendiri adalah akun GTK untuk Kepala Sekolah yang dibuat di aplikasi Dapodik. Sedangkan, user tenaga kependidikan adalah GTK untuk Pelaksana PBJ, di mana pada di aplikasi Dapodik harus ditambahkan tugas tambahan sebagai Pelaksana PBJ.

Lihat Buku – Buku yang Tersedia di Siplah

Sumber : https://pintek.id/blog/aplikasi-siplah-kemendikbud/

About the Author

Leave a Reply